fbpx

Simak! 6 Manfaat Pisang untuk Tubuh, Bisa Meredakan Sakit Maag

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pisang adalah salah satu buah yang disebutkan di dalam Al Quran tepatnya pada surat Al-Waqiah. Di balik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, inilah 6 manfaat pisang yang baik untuk tubuh kita :

1. Sebagai sumber energi

Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

2.Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Menjaga kesehatan saluran cerna

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Di samping menyehatkan saluran pencernaan, pisang mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar.

6. Meredakan tukak lambing

Pisang dapat memicu peningkatkan lendir di lambung, sehingga dapat meredakan atau mencegah tukak lambung. Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga bisa mangatasi nyeri akibat maag.

Cara tepat mengkonsusmi pisang

Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai jenis makanan. Namun, batasi konsumsi pisang yang diolah dengan cara digoreng. Menggoreng bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalam pisang dan justru meningkatkan kadar lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat pisang secara maksimal, Anda dapat mengolahnya dengan cara berikut ini:

  • Diolah menjadi jus atau smoothie, Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.
  • Bila ingin mencampurnya dengan sereal atau oatmeal, Anda bisa menambahkan buah-buahan lain atau kacang almond.
  • Pisang yang dihaluskan juga bisa dicampur ke adonan untuk membuat kue bolu.
  • Pisang juga dapat digunakan sebagai pengganti selai pada roti.

Untuk mendapatkan manfat pisang tersebut, ada baiknya juga mengimbangi dengan pola hidup sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Leave a Replay