Rapat Koordinasi dan Pengukuhan Pokja LAZ Se-JABAR

Rapat Koordinasi dan Pengukuhan Pokja LAZ Se-JABAR

Agustus 16, 2023 0 By Kartika sulistyowati

Hotel Puri Khatulistiwa Jatinagor Kab. Sumedang, 12-13 Agustus 2023.

Dalam upaya untuk memperkuat peran Lembaga Amil Zakat di Provinsi Jawa Barat, Kementerian Agama Wilayah Jawa Barat menginisiasi pembentukan Kelompok Kerja Lembaga Amil Zakat (POKJA LAZ). Tujuan dari pembentukan POKJA LAZ adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang zakat, serta meningkatkan efektivitas zakat dalam mengatasi masalah kemiskinan melalui program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pengukuhan POKJA LAZ secara resmi diumumkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Barat, Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Ajam Mustajam menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat dua lembaga pengelola zakat yang diakui secara legal oleh pemerintah, yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Kedua lembaga ini memiliki dasar hukum yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011.

“Kehadiran BAZNAS dan LAZNAS merupakan langkah penting dalam menggali dan memanfaatkan potensi zakat di Indonesia. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 juga menegaskan bahwa BAZNAS dan LAZNAS adalah wadah resmi yang terstruktur untuk mengelola Zakat di seluruh Indonesia,” tambah Kepala Kantor Wilayah.

Dalam konteks ini, H. Moh. Rifai, Ketua Tim Peningkatan Kualitas Pembinaan, Pengawasan dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, menyatakan bahwa pertemuan koordinasi LAZ ini memiliki peran strategis dalam usaha meningkatkan pengelolaan dan pemberdayaan zakat melalui bimbingan kepada Lembaga Zakat. Selain itu, pertemuan ini juga berfungsi sebagai saluran untuk menyelaraskan perencanaan dan pelaksanaan yang sejalan guna memastikan kelangsungan pengelolaan zakat yang berkesinambungan di wilayah Jawa Barat.

Dr. H. Ohan Burhan, Kepala Bidang Penerangan Islam dan Pemberdayaan Zakat serta Wakaf, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada 43 Lembaga Amil Zakat yang turut hadir dalam acara tersebut, termasuk Lembaga Amil Zakat Gema Insan Cendikia (LAZGIS). Ia mengapresiasi kerja sama dan dukungan yang telah diberikan oleh lembaga-lembaga ini dalam mendukung upaya Kementerian Agama.