fbpx

Peristiwa Penting di Tahun Baru Islam

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Sejarah 1 Muharram tahun baru Islam ditandai dengan adanya peristiwa besar dan berbagai peristiwa penting, hijrahnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dari kota Mekah ke Madinah pada tahun 622 masehi. Perhitungan tahun baru Islam bermula di masa Umar Bin Khattab tepatnya 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Sebelum mengenal kalender Islam atau kalender Hijriyah masyarakat Arab mengenal tahun dengan menamainya menggunakan peristiwa penting pada saat tersebut. Seperti kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dikenal dengan tahun gajah karena pada saat itu terjadi penyerangan terhadap Ka’bah oleh pasukan yang menggunakan Gajah sebagai kendaraannya.

Tahun baru Islam diperingati setiap tanggal 1 Muharram oleh kaum muslimin. Muharram sendiri diartikan sebagai bulan yang diharamkan, orang-orang Arab diharamkan atau dilarang untuk melakukan peperangan, dahulu orang Arab meyakini bahwa bulan Muharram adalah bulan suci sehingga tidak layak untuk menodai bulan tersebut dengan peperangan, bulan Muharram juga banyak memiliki banyak kejadian penting di antaranya adalah;

1. Nabi Adam alaihissalam bertaubat kepada Allah dari dosa-dosanya

2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan.

3. Selamatnya nabi Ibrahim Alaihissalam dari siksa Raja Namrud berupa api yang membakar dirinya, 4. Nabi Yusuf Alaihissalam dibebaskan dari penjara mesir karena terkena fitnah

4. Nabi Yunus Alaihissalam selamat keluar dari perut ikan paus

5. Di sembuhkan nya Nabi Ayyub alaihissalam oleh Allah dari penyakit yang menjijikan

6. Lalu terbelahnya Laut Merah, saat nabi Musa akan menyeberang sehingga Nabi Musa dan kaumnya yang setia selamat dari kejaran Raja Firaun.

Itulah sebab mengapa bulan Muharram dijadikan tahun baru Islam dikarenakan selain nyata Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam untuk berhijrah juga banyak peristiwa yang terjadi pada bulan tersebut, selain itu bulan Muharram disebut sebagai bulannya Allah.

Leave a Replay