fbpx

Mau Berqurban, Ingat Jangan Lakukan Ini Ya?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

IDUL ADHA sudah nampak di pelupuk mata. Tentunya momen ini jadi waktu yang tepat untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah melalui Ibadah Qurban.

Nah jika sahabat berniat qurban, maka ada hal yang sebaiknya tidak dilakukan, yakni jangan memotong rambut dan kuku.

Seperti dalam Hadis Riwayat Muslim berikut:

مَن كانَ لَهُ ذِبحٌ يَذبَـحُه فَإِذَا أَهَلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

”Apabila engkau telah memasuki sepuluh hari pertama (bulan Dzulhijjah) sedangkan di antara kalian ingin berkurban maka janganlah dia menyentuh (memotong) sedikitpun bagian dari rambut dan kukunya.” (HR. Muslim)

Ayo Qurban Sekarang? KLIK DI SINI

Lalu, kenapa ada larangan tersebut? Begini penjelasannya.

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَن يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Sesungguhnya jawaban orang-orang mukmin, apabila mereka dipanggil kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul menghukumi (mengadili) di antara mereka ialah ucapan, “Kami mendengar dan kami patuh.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. an-Nur: 5: 51)

Ya dalam setiap larangan atau anjuran yang dating dari Rasulullah, pastilah ada hikmahnya.

Sebagian ulama mengatakan bahwa, hikmah tidak mencukur rambut dan memotong kuku adalah agar seluruh bagian tubuh itu mendapatkan kekebalan dari api neraka.

Mau Qurban Promo? KLIK DI SINI

Hikmah lainnya membiarkan rambut dan kuku tetap ada dan dipotong bersama sembelihan kurban, sehingga menjadi bagian kurban disisi Allah.

Lalu hikmah lainnya adalah bahwa larangan ini dimaksudnya biar ada kemiripan dengan jamaah haji yang sedang berihram. Wallahu a’lam.

وَلَا تَحْلِقُوا رُءُوسَكُمْ حَتَّىٰ يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهُ

“Janganlah kamu mencukur (rambut) kepalamu sebelum hewan kurban sampai pada tempat penyembelihannya “ [Al-Baqarah : 196].

Ayo Qurban Sekarang? KLIK DI SINI

Leave a Replay