fbpx

Jembatan Putus, Akses Pengiriman Logistik ke Wilayah Sumur Pandeglang Terkendala

SELEPAS shalat shubuh, Tim Kemanusiaan LAZGISPeduli langsung bergerak menuju Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, Rabu (26/12/2018).

Untuk diketahui, Kecamatan Sumur merupakan salah satu wilayah terdampak tsunami Selat Sunda paling parah setelah Tanjung Lesung -dimana banyak memakan korban jiwa. Total pengungsi di sana mencapai 8.042 orang.

Jarak menuju Kec Sumur dari Labuan, sekitar 60 Km atau sekitar 4 jam perjalanan normal. Namun sayangnya, Tim LAZGISPeduli tak bisa melanjutkan misi kemanusiaannya untuk sementara waktu karena akses menuju ke sana terputus.

Jembatan yang menghubungkan Tanjung Lesung dan Sumur yang terputus akibat Tsunami yang terjadi pada Sabtu malam (22/12/2018) lalu.

Jembatan Banyu Asin di Kec Panembang, yang menghubungkan Tanjung Lesung ke Sumur terputus. Dari pengamatan LAZGISPeduli, banyak pengemudi kendaraan roda empat yang nekat menyusuri bibir pantai. Melewati pasir pantai Anyer yang langsung bersentuhan dengan laut.

Setelah berkoordinasi, Tim LAZGISPeduli memutuskan untuk menunda keberangkatan ke Sumur, karena gelombang laut lumayan tinggi. Terlalu berisiko.

Namun, sepanjang perjalanan menuju Sumur, Tim Kemanusiaan LAZGISPeduli telah menyalurkan sejumlah bantuan logistik. Misalnya di Kampung Citancang, Panembang, beberapa ratus meter dari Tanjung Lesung, LAZGISPeduli mengirim 3 karung beras @50kg/karung, makanan siap saji dan kebutuhan lainnya.

Menurut Yayat yang merupakan Kepala Seksi Pemerintahan Panembang, di Citancang sebanyak 52 orang mengungsi, 2 luka berat dan 1 orang dinyatakan hilang.

“Di Citancang ini belum ada lembaga kemanusiaan yang masuk,” ujar Yayat sembari menghaturkan terima kasih kepada Tim LAZGISPeduli.

Tim Kemanusiaan LAZGIS Peduli di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.

Bagi sahabat tim relawan LAZGISPeduli semoga diberikan kesehatan, keselamatan juga kekuatan untuk membantu saudara-saudara di Banten.

Tak lupa kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada sahabat donatur yang meluangkan rezeki untuk berdonasi bagi saudara-saudara di Banten yang menjadi korban.

Donasi bisa melalui transfer ke rekening a/n Yayasan Gema Indonesia Sejahtera
Mandiri : 167.0000.144625
BCA : 7510700222

Mohon konfirmasi kembali apabila telah transfer.
Jazakumullah Khairan katsiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami

LAZ Gema Indonesia Sejahtera
Jl. Caman Raya No 65 RT 003 RW 003 Kel. Jatibening, Kec. Pondok Gede Kota Bekasi.
Telp: (021) 85523233
lembagaamilzakatgis@gmail.com