fbpx

Ayo! Bangun MCK Layak untuk Pemulung di Bantar Gebang

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin


Ada yang tahu ini dimana?
Pasti sudah banyak yang tahu ya, meskipun belum pernah kesini tapi mungkin pernah melihatnya di TV, koran atau media lainnya.

Ya. Ini adalah gunung sampah atau TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Bantar Gebang.

Fakta menarik yang sempat dilirik oleh media dunia adalah pada tahun 2019 TPA Bantar Gebang menjadi tempat pembuangan sampah terbesar didunia. Berita ini pun pernah diposting oleh Leonardodcaprico di akun instagramnya.

Namun  ada juga fakta mempihatinkannya, para pemulung yang bekerja disini dengan mencari barang bekas hanya dihargai sebesar 300-500 rupiah / 1kg.

Bayangkan! Berapa banyak barang bekas yang harus mereka dapatkan demi menghasilkan uang yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah anak-anak mereka.


Fakta memprihatinkan berikutnya adalah pemukiman pemulung di Kec. Cikiwul Bantar Gebang tidak memiliki sanitasi yang baik, di sini lebih dari 40 keluarga pemulung buang hajat setiap harinya. Bahkan tak hanya itu, mereka juga mandi dan bersih bersih di sana. Bayangkan.

Tidak layak pastinya. Namun ternyata para pemulung di sana sudah menggunakan tempat itu untuk bersih-bersih selama 30 tahun lho. Mau bagaimana lagi.

Padahal pemulung adalah pahlawan bagi masyarakat luas, mereka yang rela tangan dan tubuhnya terlumuri kotoran dari sampah yang kita buang.

Kini saatnya mereka mendapatkan nafas yang baru. Mari bersama-sama kita bangunkan fasilitas MCK sehingga mereka dapat lebih mudah bersuci dan lebih nyaman beraktifitas.

Karena hal itu, LAZGIS mengajak sahabat semua untuk ikut membangun sebuah MCK/WC di pemukiman pemulung, Cikiwul Bantar Gebang. Semoga dengan dibangunnya MCK, hidup para pemulung lebih sehat dan sejahtera.

Rincian Aggaran Biaya Pembangunan MCK
untuk pembuatan 2 WC, 1 kamar mandi dan tempat cuci umum.

AYO IKUT BERWAKAF

  1. Patungan wakaf mulai dari 100.000
  2. Wakaf per-meter 1.973.000
  3. Wakaf 1 MCK

kirim donasi wakaf terbaikmu ke rekening a.n Yayasan Gema Indonesia Sejahtera
Mandiri : 1670000144625

Kontak Konfirmasi
0812-8010-8800 (Tika)

 

Leave a Replay