LAZGIS Hadiri Indonesia Zakat Summit 2018, Ini Hasil Akhirnya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

BANDUNG—Lembaga Amil Zakat Gema Indonesia Sejahtera (LAZGIS) menghadiri Indonesia Zakat Summit 2018 yang mengambil tema “Zakat Solusi Bangsa”, di Horison Bandung Hotel, Kamis-Sabtu (20-22 Desember 2018).

Dalam acara Indonesia Zakat Summit 2018 yang berlangsung selama tiga hari tersebut, dua agenda penting dibahas, yaitu Konferensi Zakat Nasional (KZN) dan CEO LAZ Forum.

KZN merupakan forum diskursus dan silaturahmi para pegiat zakat dan stakeholder zakat tentang kondisi gerakan zakat saat ini dan tantangan masa depan agar semakin solutif bagi berbagai permasalahan bangsa.

Sedangkan CEO LAZ Forum Adalah agenda tahunan, yang sangat khusus diadakan bagi para Pimpinan/Direktur/CEO Lembaga Amil Zakat anggota FOZ dalam memberikan masukan-masukan dan pandangan strategi bagi gerakan zakat Indonesia di tahun 2019.

Menurut Direktur Eksekutif FOZ, Agus Budiyanto Indonesia Zakat Summit merupakan ajang pertemuan bagi pegiat zakat dan stakeholder zakat, baik pemerintah maupun swasta dalam rangka menguatkan dan menjaga momentum perjuangan gerakan zakat Indonesia.

Ini review hasil akhir Indonesia Zakat Summit 2018:

– Kemenag, Kemenko PMK mendorong LAZ untuk terus berkontribusi
– Memberikan program-program yang solutif bagi bangsa
– Kemenag, Kemenko PMK sangat membuka diri untuk kerjasama dengan LAZ
– Gerakan Zakat sudah semakin inklusif karena sudah membuka diri berkolaborasi dengan stakeholder non zakat
– Fikih kontemporer menghadapi era industry 4.0 perlu menjadi konsen Gerakan Zakat pada 2019

Sementara dalam CEO LAZ Forum, dihasilakn kesepakatan-kesepakatan sebagaimana berikut:

Proses SKKK amil zakat yang diusung FOZ dan LSP Keuangan Syariah akan terus berlanjut, tinggal menunggu izin BSNP yang insya Allah akan keluar pada Januari 2018.

FOZ, Kemenag, BAZNAS, dan Kemenko PMK bersepakat untuk memulai proses penyusunan SKKNI amil zakat dengan draft awal buatan FOZ.

Dalam acara Indonesia Zakat Summit 2018 tersebut, juga hadir Menteri menko PMK RI, menteri Sosial RI, Gubernur Jawa Barat, Walikota Bandung, BAZNAS, UNDP, MUI, LAZ Anggota FOZ, dll. []

Leave a Replay